Home
 
 
HUKUM

Kasus Narkotika, Elvis Divonis 1,5 Tahun
Kamis, 12 Januari 2017 , 06:41:00 WIB
Laporan: Julio Rinaldi

  
RMOL. Usai sebelumnya dituntut 7 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), terdakwa kasus narkotika dengan Barang Bukti (BB) 6 paket sabu, Elvis Kurniawan, akhirnya di vonis 1 tahun 6 bulan oleh majelis hakim yang diketuai Merrywati.

"Menghukum, terdakwa Elvis Kurniawan dengan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara," ucap Merry, Rabu (11/1/2016) di PN Bengkulu, saat membacakan vonis terhadap terdakwa.

Menanggapi vonis hakim, Penasehat Hukum terdakwa, Jecky Haryanto, menyatakan sependapat dengan putusan hakim.

"kami sependapat dengan majelis hakim, bahwa pasal pengedar tidak terbukti secara sah dan menyakinkan, untuk itu majelis menilai yang terbukti dipersidangan adalah pasal pemakai," papar Jecky, Rabu (11/1/2017) melalui handpone.

Masih menurut Jecky, bahwa pihaknya juga membantah pasal pemakai yang diterapkan hakim.

"Menurut kami pasal ini pun tidak dapat dikenakan kepada terdakwa, karena pada saat di tangkap terdakwa tidak sedang menggunakan narkoba," jelasnya.

Jika pasal pemakai ini yang diterapkan hakim, lanjut, Jecky, seharusnya terdakwa direhabilitasi.
"Terhadap putusan tersebut kami menyatakan pikir-pikir," singkat Jecky.

Diketahui, sebelumnya pengacara terdakwa juga mengungkapkan ada dugaan rekayasa dalam kasus tersebut, diantaranya yakni pertama saat dilakukan penggeledahan rumah terdakwa tidak ada penetapan dari pengadilan. Kedua, 6 paket sabu yang dijadikan BB tidak pernah dimajukan kepersidangan berupa serbuk kristal, melainkan hanya plastik saja.

Ketiga, saksi Indra yang satu mobil dengan terdakwa saat dilakukan penangkapan, menyatakan bahwa plastik BB yang dimajukan ke persidangan berbeda dengan yang diperlihatkan penyidik kepolisian. Terakhir, saksi kunci yang merupakan sopir mobil saat razia dilakukan tidak pernah dihadirkan di persidangan. [X19]

Comments

Gubernur Harus Instruksikan Pembayaran Zakat Melalui Baznas

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Bambang Himawan menilai bahwa Gubernur Bengkulu harus membuat Keputusan Gubern ...

 

Baca Juga

Sambil Pakai Topi "Ahok", Pendeta Max Polisikan Habib Rizieq
Survei Indikator Politik: Ahok-Djarot Tertinggi, Agus-Sylvi Buncit
AS Hikam: Kemenangan Ahok-Djarot Bukti Isu SARA Ditolak