Home
 
 
DAERAH

Bupati dan DPRD Seluma Dihukum Ganti Rugi Rp 8,8 Miliar
Rabu, 21 Desember 2016 , 11:15:00 WIB
Laporan:

  
RMOL. Pemerintah kabupaten dan DPRD Seluma selaku pihak tergugat dihukum ganti kerugian Rp 8,8 miliar terhadap penggugat PT PSP, guna pembayaran kelebihan pekerjaan pembangunan 26 paket jalan hotmix dan jembatan di Seluma Tahun 2011, sesuai dengan putusan Mahkamah Agung (MA).

Diungkapkan salah satu Penasehat Hukum (PH) penggugat, Firmauli Silalahi, bahwa Murman Effendi atau PT PSP sebagai prinsipal menggugat Bupati dan DPRD Seluma untuk membayar kelebihan pekerjaan di Seluma yaitu pembangunan 26 paket jalan hotmix dan jembatan.

"Karena pembangunan itu adalah Multiyears, ada pekerjaan yang tidak masuk di dalam kontrak anak, namun harus dikerjakan terlebih dahulu maka kontrak anak bisa jalan, sehingga itulah kelebihan pekerjaan sebanyak Rp 8,8 miliar," ucap Firmauli, Selasa (20/12/2016), di PN Bengkulu.

Jadi, sambung Firmauli, pada saat itu pihak Pemda Seluma memutuskan secara sepihak saat PT PSP melakukan pekerjaannya Tahun 2011 dan pihak Pemda tidak mau membayarkan kelebihan pekerjaan itu yang seharga Rp. 8,8 miliar. Sehingga, pihak PT PSP mengambil jalur hukum dengan melakukan gugatan di PN Seluma yang diwakilkan oleh Sapuan dan Tito.

"Putusan PN Seluma, gugatan kita diterima seluruhnya. Lalu, naik banding gugatan kita juga diterima seluruhnya. Kemudian, Pemda dan DPRD Seluma selaku tergugat melakukan kasasi namun ditolak Mahkamah Agung (MA) dan sudah ada putusan untuk itu yang inckrah atau tetap," papar Firmauli.

Hal serupa disampaikan PH penggugat lainnya, Made Sukiade, kesimpulannya berkas yang sudah dilimpahkan ke MA itu nyatanya pihak penggugat juga yang dimenangkan dan seluruh gugatan dikabulkan.

"Karena perkara ini sudah dinyatakan inckrah atau mempunyai kekuatan hukum tetap, maka mau tidak mau putusan tersebut harus dilaksanakan oleh Pemda dan DPRD Seluma. Berdasarkan putusan itu, kita selaku PH penggugat Murman Effendi atau PT PSP itu akan melakukan permohonan eksekusi kepada Ketua PN Tais, Kamis mendatang dan itu harus ditaati oleh Pemda dan DPRD Seluma," jelas Made.

Diketahui, putusan MA tersebut dikeluarkan Selasa lalu (16/12/2016). [X19]

Comments

"Percepat Pendidikan Yang Merata Dan Berkualitas", Pemkot Gelar Upacara Hardiknas

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dengan mengangkat tema Perce ...

 

Baca Juga

Novel Tunjuk Hidung Jenderal Kasus Penyiraman Air Keras
Agung Laksono: Ridwan Mukti Bersikap Ksatria
Peserta Lelang Sekda Bengkulu Utara Masih "Sepi" Peminat