Home
 
 
DAERAH

DPKAD Bakal Verifikasi Aset Daerah
Rabu, 07 Desember 2016 , 14:29:00 WIB
Laporan: Irman Dinata

RMOL. Terkait keberadaan aset milik Pemrintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang disinyalir tidak jelas rencananya, di tahun 2017 nanti bakal dilakukan verifikasi.

Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Bengkulu Utara Kisro Zanito, kepada RMOL Bengkulu, Rabu (7/12/2016) mengaku pihaknya sudah menelusuri semua aset-aset milik daerah yang saat ini dinilai terbengkalai.

Masih kata Kisro sapaan akrabnya, pihaknya sudah mengumpulkan data terutama aset BUMD Arma Niaga yang berada di Desa Talang Denau, Kecamatan Arma Jaya. Kegiatan itu tersebut juga berkaitan dengan akan diadakannya penilaian Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Disisi lain, dengan dilakukan pendataan agar aset-aset yang ada saat ini semaksimal mungkin bisa untuk dimanfaatkan. Dia juga menjelaskan bahwa status Arma Niaga telah dibubarkan, hanya saja saat ini pihaknya belum bisa mengeksekusi apakah aset-aset yang ada bakal dilelang atau dimanfaatkan.

"Ini rekomendasi dari BPK untuk dibuat perda pembubaran Arma Niaga. Yang jelas untuk permasalahan aset Arma Niaga kami menunggu proses administrasi yang masih ditangani pihak BPMPTSP," beber Kisro.

Selain aset Arma Niaga lanjutnya, seluruh kendaraan dinas yang saat ini tidak berfungsi juga akan diverifikasi. Bahkan, pihak DPKAD sudah meminta kepada seluruh SKPD untuk menyerahkan kendaraan-kendaraan yang nantinya dikumpulkan disuatu tempat.

Hal ini agar mempermudah dalam pengecekan, apakah masih ada kendaraan-kendaraan yang layak beroperasi ataukah memang sudah tidak bisa digunakan.

"Kita akan siapkan tempat khusus, sementara untuk kecamatan-kecamatan yang jauh dari Arga Makmur untuk dapat mengirimkan foto kondisi kendaraannya," imbuhnya.

Kisro, juga berharap agar di tahun 2017 semua kendaraan dinas tertata dengan rapi, sehingga tidak ada SKPD yang mengeluh lantaran kurangnya kendaraan operasional. Disisi lain pemerintah juga akan mempermudah mengakomodir biaya perawatan serta pembayaran pajak, sehingga tidak ada tunggakan-tunggakan yang terjadi.

"Untuk pendataan sudah kita mulai, mudah-mudahan ke depan aset-aset daerah sudah terakomodir," pungkasnya. [N14]

Foto Lain:

 

Comments

Gubernur Harus Instruksikan Pembayaran Zakat Melalui Baznas

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Bambang Himawan menilai bahwa Gubernur Bengkulu harus membuat Keputusan Gubern ...

 

Baca Juga

Ini Motif Mantan Bupati Jebak Dirwan Mahmud Dengan Narkoba
4 Pekara Penipuan, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Disel
Dana Miliaran Masuk Ke Media Center Provinsi Bengkulu, Kejati Periksa Sudoto