Jika Ahok Jadi Tersangka, Ini Skenario Pilgub Versi Gerindra

Politik  RABU, 02 NOVEMBER 2016 , 12:10:00 WIB

Jika Ahok Jadi Tersangka, Ini Skenario Pilgub Versi Gerindra

Basuki Thahaja Purnama/Net

RMOL. Desakan untuk menjadikan Gubernur non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama demikian kencang. Demo besar-besaran Umat Islam bahkan direncanakan untuk menuntut hal serupa pada 4 November nanti.

Nah, jika Ahok dijadikan tersangka, bagaimanakah peta politik di kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2017 nanti. Politisi Partai Gerindra, Sodik Mujahid, melihat ada beberapa kemungkinan akan terjadi.

"Pertama kita melihat aturan KPU ya, kalau misalkan dia jadi tersangka itu, apakah dia mundur atau tidak aturannya. Kalau mundur berarti sekarang tinggal dua, atau jika ada aturan mungkin bisa mengusung pasangan lain pengganti ya kan, jika ada aturan," katanya ketika dihubungi Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu (Rabu, 2/11).

Jika KPU memperbolehkan Ahok untuk tetap menjadi peserta kontestasi Pilgub hingga proses hukumnya inkrach, lanjut Sodik, maka kedua pasangan pesaing, Agus-Silvy dan Anies-Sandiaga masih harus bekerja keras untuk melawan Ahok.

"Sebab bisa jadi masih ada pendukung-pendukungnya. Tapi saya kira pendukung-pendukung Ahok saat ini sudah tinggal 17 sampai 18 persen lah ya," tandasnya.

Lebih lanjut anak buah Prabowo Subianto ini mengatakan, jika Ahok tidak diperbolehkan melanjutkan pencalonannya, maka jika aturan memungkinkan, Djarot harus mencari pasangan lain.

Lalu, bagaimanakah dengan para pendukung fanatik Ahok, apakah mereka masih tetap akan mendukung Djarot dan pasangan barunya, Sodik nampak kurang yakin.

"Maka ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama mereka tidak memilih, tergantung pada dua kandidat lain untuk meyakinkan pendukung-pendukung Ahok untuk memilih calon-calon dia. Tinggal bisa dilihat jaraknya mereka ke kemana dekatnya. Apakah ke SBY dengan partai pendukung ataukah dengan Pak Prabowo dengan PKS," jelasnya.

Dipertegas apakah para pendukung fanatik Ahok lebih akan bergabung dengan kubu SBY atau Prabowo, Sodik bilang pilihan mereka akan beragam. Namun dia yakin koalisi Gerindra-PKS akan meraup suara banyak dari pendukung Ahok itu.

"Saya kira mereka akan beragam ya. Tapi mungkin dari kaum agamanya pindah ke PKS, kaum-kaum menengahnya mungkin ke Gerindra," tutupnya. [***]


Komentar Pembaca
Liburan Seru dengan Angkutan Umum

Liburan Seru dengan Angkutan Umum

SABTU, 16 DESEMBER 2017 , 09:00:00

Jika Langgar Aturan, Jangan Harap Ada DWP Lagi!

Jika Langgar Aturan, Jangan Harap Ada DWP Lagi!

JUM'AT, 15 DESEMBER 2017 , 15:00:00

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

AM Fatwa Sang Pejuang Sejati

KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 13:00:00