KPU Bengkulu Tengah Mutakhirkan Daftar Pemilih

Daerah  MINGGU, 18 SEPTEMBER 2016 , 17:48:00 WIB | LAPORAN:

RMOL. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah memastikan data pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah mendatang akan berkualitas dan akurat. Pihaknya saat ini tengah melakukan pemutakhiran daftar pemilih yang akan berakhir pada tanggal 8 Oktober 2016 mendatang.

"Daftar pemilih yang kita miliki sementara ini merupakan data pemilih dari pemilihan gubernur sebelumnya, dan akan data penduduk potensial pemilih pemilu atau DP4 dari Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Tengah," kata Kepala KPU Bengkulu Tengah Asmara Wijaya.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Bengkulu Tengah pada pemilihan gubernur sebelumnya yakni 78.940 pemilih di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Hingga saat ini, katanya, pihaknya menambahkan sebanyak 2500 pemilih pemula yang dapat menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan bupati dan wakil bupati pada pada 2017 mendatang.

Selain itu, pihaknya juga tengah mengindetifikasi data pemilih yang sudah beralih status seperti pemilih yang sudah meninggal, anggota TNI/Polri atau yang sudah pindah. Pihaknya memperkirakan, jumlah pemilih di Kabupaten Bengkulu Tengah nantinya akan berkisar 79.000 pemilih yang dapat menyalurkan hak suaranya pada pemilihan bupati dan wakil bupati 2017.

"Pemutakhirannya tetap mengacu kepada Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan e-KTP dan jika ada perubahan status harus dibuktikan dengan keterangan yang sah, seperti misalnya pindah, harus ada surat pindah," terangnya.

Ia menjelaskan, bahwa pemutakhiran data pemilih dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan langsung turun ke tengah masyarakat untuk memastikan kebenaran data pemilih.

"Untuk itu, kami harapkan masyarakat dapat aktif mengoreksi daftar pemilih saat dilakukan pemuktahiran oleh PPDP," katanya. [Q19]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

KPK Memuakkan!

KPK Memuakkan!

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 13:00:00