Belum Ada Potensi Munculnya Calon Boneka Pada Pilkada Benteng

Daerah  SELASA, 16 AGUSTUS 2016 , 22:49:00 WIB | LAPORAN:

Belum Ada Potensi Munculnya Calon Boneka Pada Pilkada Benteng

Foto Net

RMOL. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah, menilai dengan regulasi yang ada saat ini, kemungkinan munculnya calon boneka seperti yang sempat hangat dibicarakan belum lama ini kecil kemungkinan terjadi.

"Dengan aturan yang sekarang, kecil kemungkinan adanya calon boneka karena meskipun terjadi pilkada calon tunggal, namun pilkada tetap bisa dilaksanakan," kata Ketua KPU Bengkulu Tengah Asmara Wijaya.

Kemungkinan munculnya calon boneka, katanya, bisa saja terjadi sebelumnya jika saja tidak ada keputusan Mahkamah Konstitusi yang memperbolehkan digelarnya pilkada calon tunggal.

Sebelumnya, sesuai dengan peraturan KPU nomor 12 tahun 2015, jika hanya ada satu pasangan calon kepala daerah, hal itu mengakibatkan pilkada harus ditunda sampai dengan muncul pasangan calon lainnya.

"Kalau sekarang kan tidak masalah lagi, mau calon tunggal atau tidak, tapi pilkada tetap bisa dilakukan," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya meyakini pada Pilkada 2017 di Kabupaten Bengkulu Tengah tidak akan ada pasangan calon kepala daerah yang sengaja dimajukan sebagai calon boneka.

Hal itu, menurutnya memang sempat mengemuka di tengah masyarakat, menyusul kemungkinan calon petahana didukung hampir oleh seluruh partai politik di Bengkulu Tengah.

"Ya silahkan saja, jika ada calon yang didukung oleh hampir seluruh partai, tapi kan masih ada jalur perseorangan, jika memang sesuai dengan regulasi yang ada, tetap bisa mencalonkan diri," katanya. [Q19]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

KPK Memuakkan!

KPK Memuakkan!

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 13:00:00