Besok, Hari Terakhir Pendaftaran Calon Perseorangan Bupati Bengkulu Tengah

Daerah  SELASA, 09 AGUSTUS 2016 , 21:30:00 WIB | LAPORAN:

RMOL. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah akan segera menyudahi tahapan penyerahan dukungan calon perseorangan pada hari Rabu (9/9/2016) setelah dibuka selama 4 hari sejak tanggal 6 Agustus 2016 lalu.

Hingga hari ketiga dibukanya tahapan penyerahan dukungan calon perseorangan, KPU Bengkulu Tengah baru menerima 1 pasangan bakal calon Bupati Bengkulu Tengah, yakni Arsyad Hamzah berpasangan dengan Medio Yulistio.

"Yang baru menyerahkan dukungan dari calon perseoranganya baru 1 pasangan bakal calon dengan jumlah dukungan sebanyak 8137 fotokopi KTP yang saat ini sudah mulai diunggah ke Sistem Informasi Pencalonan atau yang disebut silon," kata Ketua KPU Bengkulu Tengah Asmara Wijaya, Selasa (8/9/2016).

Syarat dukungan minimal, untuk dapat maju sebagai calon perseorangan di Bengkulu Tengah, yakni minimal 7.894 KTP dukungan yang tersebar di enam kecamatan dari sepuluh kecamatan yang ada di Bengkulu Tengah.

KPU Bengkulu Tengah memastikan masih akan menunggu pendaftaran calon perseorangan hingga Rabu petang, pukul 16.00 WIB yang menjadi hari terakhir dalam tahapan penyerahan dukungan calon perseorangan.

Hingga hari ketiga dibukanya tahapan penyerahan dukungan calon perseorangan, masih terlihat sepi peminat. Meski demikian, dari informasi yang beredar, petahana yang juga masih menjabat sebagai Wakil Bupati Bengkulu Tengah Muhammad Sabri rencananya akan mendaftar sebagai calon jalur perseorangan pada hari terakhir penyerahan syarat dukungan.

"Kita masih tunggu jika ada calon lain yang ingin menyerahkan dukungan calon perseorangan hingga pukul 16.00 WIB," imbuhnya.

Selanjutnya, dalam beberapa hari kedepan, KPU Bengkulu Tengah mulai mengungah format excel dukungan calon perseorangan ke dalam silon yang diklasifikasikan berdasarkan urutan desa dan kecamatan.

"Dukungan ini nanti dalam tahapan administrasi, akan kita lihat berasal dari mana, kegandaannya baik internal dan terhadap eksternal serta unsur pekerjaan dukungan yang diserahkan, seperti TNI, PNS atau swasta," lanjutnya.

Kemudian, KPU Benteng, pada tanggal 21 Agustus 2016 akan mulai melakukan penelitian adminstrasi dan faktual dukungan  di tingkat desa dan kelurahan melalui KPPS di masing-masing desa selama 2 minggu.

Setelah melakukan verifikasi dan faktual, KPU akan membuat pendaftaran pasangan bakal calon yang diajukan parpol dan jalur perseorangan. Untuk jalur perseorangan, pendaftaranya didasarkan pada verifikasi dan faktual yang telah dilakukan sebelumnya.

Sementara, untuk syarat dukungan calon yang diajukan parpol, KPU akan melihat rekomendasi dukungan dari masing-masing partai pendukung.

"Untuk pasangan calon yang syarat dukungannya masih kurang atau setelah dilakukan verifikasi dan faktual tidak sesuai, masih akan dimintai perbaikan lagi," ujarnya. [Q19]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

KPK Memuakkan!

KPK Memuakkan!

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

Alexis Jadi Al-Ikhlas, Bisakah?

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 13:00:00