Diakui, Kritik Rizal Ramli Cerdas Dengan Tawaran Solusi

OLEH: RMOL CO

Nusantara  MINGGU, 24 JULI 2016 , 10:56:00 WIB | LAPORAN:

Diakui, Kritik Rizal Ramli Cerdas Dengan Tawaran Solusi

Rizal Ramli :NET

RMOL. Kedekatan Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli dengan Nahdlatul Ulama (NU) tidak perlu diragukan lagi. Bahkan di tahun 2010, menteri yang akrab disapa RR itu pernah diberi gelar Gus Romli oleh alumni Pondok Pesantren Tebuireng se-Indonesia.

"Gelar itu diberikan untuk RR karena kedekatannya dengan kalangan Nahdliyin, dan keberpihakannya pada rakyat bawah yang mayoritas warga NU," kata pemerhati politik Muhamad Khabib di Jakarta, Minggu (24/7).

Dia menjelaskan, kehadiran RR dalam silaturrahim di Kantor Pusat Koperasi Syirkah Muawanah (PUSKOPSIM) PWNU Jawa Timur dengan para kiai NU dan syuriah PWNU Jawa Timur pada Kamis lalu (21/7) bukanlah sesuatu yang asing.  

Pasalnya, kata Khabib, orang yang paling disayang oleh almarhum Gus Dur tersebut memang sudah tidak lagi memiliki jarak kaum Nahdliyin.
 
"Kehadiran RR selain dalam rangka silaturrahim antara pejabat negara dengan para Kyai juga merupakan pertemuan keluarga besar yang sama-sama pernah berjuang bersama Gus Dur dalam levelnya masing-masing," jelasnya.

Sikap kritis RR terhadap kekuasaan dan kondisi kebangsaan serta keberpihakannya pada rakyat bawah merupakan bagian dari proses membangun bangsa Indonesia menuju ketertinggalan. Meski dirinya merupakan salah satu anggota di Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo.

"Kritik RR diakui para kiai dan pengurus PWNU Jawa Timur cukup berkualitas. Karena dibarengi dengan tawaran solusi yang cerdas dan tepat. Dalam catatan rekam jejak RR, sikap kritis RR bukanlah kritik yang tanpa isi dan main-main," beber Khabib yang juga mantan aktivis 1998. [***]


Komentar Pembaca
Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana
Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

JUM'AT, 15 FEBRUARI 2019 , 12:00:00